PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah
:
1. Guru
menerangkan materi tentang parikan dan wangsalan.
2. Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok.
3. Guru
menayangkan beberapa gambar acak dengan layar LCD.
4. Sementara
itu, Guru membacakan beberapa parikan dan wangsalan.
5. Siswa
mencocokan antara gambar yang ada di LCD dengan parikan yang dibacakan guru.
6. Setelah
selesai mencocokan, Guru menyuruh siswa membuat dialog yang sesuai urutan
gambar.
7. Siswa
mempraktekannya dengan berdialog di depan kelas secara berkelompok.
COOPERATIVE SCRIPT
Langkah-langkah
:
1. Guru
membagi siswa secara berpasangan.
2. Guru
membagikan materi berupa cerita yang berhubungan dengan parikan dan wangsalan
kepada masing-masing siswa untuk dibaca dan dibuat dialog.
3. Siswa
diberi waktu 7 menit untuk membuat dan menghafalkan dialog.
4. Siswa
mempraktikannya dengan berdialog didepan kelas.
5. Siswa
berdialog yang sama sebanyak dua kali. Yang kedua dilakukan dengan bergantian
peran.
ROLE PLAYING
Langkah-langkah :
1. Guru
menyiapkan naskah dialog yang berisi parikan dan wangsalan.
2. Guru
menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelumnya.
3. Guru
membentuk kelompok, masing-masing kelompok empat orang.
4. Guru
memberikan penjelasan materi tentang berdialog.
5. Siswa
yang telah ditunjuk dua hari sebelumnya elakonkan dialog didepan kelas.
6. Siswa
yang lain memperhatikan dan mengamati dialog yang sedang diperakan.
7. Setelah
itu siswa diberikan waktu 10 menit untuk membuat dialog serupa dengan contoh
yang diperagakan temannya.
8. Siswa
berdialog didepan kelas sesuai dengan kelompoknya.
9. Guru
menilai secara individu.
PROBLEM SOLVING
Langkah-langkah
:
1. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan apa saja yang dibutuhkan untuk
memperagakan suatu dialog (berdialog).
2. Guru
membantu siswa mendefinisikan dan mengordinasikan penyusunan dialog parikan dan
wangsalan dan cara-cara berdialog yang baik dan benar.
3. Guru
mendorong siswa untuk mencari informasi tentang parikan dan wangsalan sehingga
dialognya dapat berkembang.
4. Guru
membantu siswa menyusun parikan dan wangsalan itu menjadi suatu dialog.
5. Siswa
dan guru saling membantu belajar berdialog.
6. Siswa
berdialog didepan kelas sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
7. Guru
menilai secara individu.
JIGSAW
Langkah-langkah
:
1. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 orang.
2. Guru
membagi naskah dialog parikan dan wangsalan yang terdiri 4 peran (bapak, ibu,
kakak, dan adik) kepada masing-masing kelompok.
3. Tiap siswa dalam kelompok mendapatkan satu peran.
4. Anggota dari kelompok yang berbeda yang telah mempelajari dialog
peran yang sama
bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan dialog
peran mereka.
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota
kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang dialog
peran yang mereka
kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
6. Siswa
berdiskusi mengenai dialog peran secara berkelompok.
7. Tiap kelompok berdialg di depan kelas.
8. Siswa
mendiskusikan pedoman penilaian.
9. Setiap
kelompok menilai kelompok lain secara bergiliran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar