Minggu, 29 Juni 2014

model pembelajaran KD Berdilog dengan menggunakan parikan atau wangsalan.



PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
1.      Guru menerangkan materi tentang parikan dan wangsalan.
2.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
3.      Guru menayangkan beberapa gambar acak dengan layar LCD.
4.      Sementara itu, Guru membacakan beberapa parikan dan wangsalan.
5.      Siswa mencocokan antara gambar yang ada di LCD dengan parikan yang dibacakan guru.
6.      Setelah selesai mencocokan, Guru menyuruh siswa membuat dialog yang sesuai urutan gambar.
7.      Siswa mempraktekannya dengan berdialog di depan kelas secara berkelompok.

COOPERATIVE SCRIPT
Langkah-langkah :
1.      Guru membagi siswa secara berpasangan.
2.      Guru membagikan materi berupa cerita yang berhubungan dengan parikan dan wangsalan kepada masing-masing siswa untuk dibaca dan dibuat dialog.
3.      Siswa diberi waktu 7 menit untuk membuat dan menghafalkan dialog.
4.      Siswa mempraktikannya dengan berdialog didepan kelas.
5.      Siswa berdialog yang sama sebanyak dua kali. Yang kedua dilakukan dengan bergantian peran.

ROLE PLAYING
Langkah-langkah :
1.      Guru menyiapkan naskah dialog yang berisi parikan dan wangsalan.
2.      Guru menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelumnya.
3.      Guru membentuk kelompok, masing-masing kelompok empat orang.
4.      Guru memberikan penjelasan materi tentang berdialog.
5.      Siswa yang telah ditunjuk dua hari sebelumnya elakonkan dialog didepan kelas.
6.      Siswa yang lain memperhatikan dan mengamati dialog yang sedang diperakan.
7.      Setelah itu siswa diberikan waktu 10 menit untuk membuat dialog serupa dengan contoh yang diperagakan temannya.
8.      Siswa berdialog didepan kelas sesuai dengan kelompoknya.
9.      Guru menilai secara individu.

PROBLEM SOLVING
Langkah-langkah :
1.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan apa saja yang dibutuhkan untuk memperagakan suatu dialog (berdialog).
2.      Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengordinasikan penyusunan dialog parikan dan wangsalan dan cara-cara berdialog yang baik dan benar.
3.      Guru mendorong siswa untuk mencari informasi tentang parikan dan wangsalan sehingga dialognya dapat berkembang.
4.      Guru membantu siswa menyusun parikan dan wangsalan itu menjadi suatu dialog.
5.      Siswa dan guru saling membantu belajar berdialog.
6.      Siswa berdialog didepan kelas sesuai dengan kelompoknya masing-masing.
7.      Guru menilai secara individu.



JIGSAW
Langkah-langkah :
1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 orang.
2.      Guru membagi naskah dialog parikan dan wangsalan yang terdiri 4 peran (bapak, ibu, kakak, dan adik) kepada masing-masing kelompok.
3.      Tiap siswa dalam kelompok mendapatkan satu peran.
4.      Anggota dari kelompok yang berbeda yang telah mempelajari dialog peran yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan dialog peran mereka.
5.      Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang dialog peran yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
6.      Siswa berdiskusi mengenai dialog peran secara berkelompok.
7.      Tiap kelompok berdialg di depan kelas.
8.      Siswa mendiskusikan pedoman penilaian.
9.      Setiap kelompok menilai kelompok lain secara bergiliran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar