RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/
Semester : VIII/ II
Materi
Pokok : Pacelathon
Alokasi
Waktu : 1 x pertemuan (2 jp)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan
fenomena dan kejadian nyata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
3.4 Memahami isi dialog
|
1. Mendiskusikan
dan mengartikan kata yang dianggap sulit dalam dialog
2. Menjawab
pertanyaan yang berkaitan dengan isi
dialog
3. Mendiskusikan
isi wacana dialog
4. Menuliskan kembali isi dialog
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
diharapkan peserta didik dapat:
1.
Berdoa
kepada Tuhan maha Esa sebelum peserta didik melaksanakan pembelajaran materi dialog.
2.
Menggunakan
bahasa Jawa di kelas saat pelajaran bahasa Jawa dengan baik.
3.
Mengamati
contoh dialog berbahasa Jawa
4.
Mengajukan
dan menjawab pertanyaan tentang unggah ungguh bahasa jawa dalam dialog yang diamati dengan jujur,
disiplin dan tanggung jawab.
5.
Mendiskusikan
cara membuat dialog dengan jujur, disiplin dan tanggungjawab.
6.
Menuliskan
isi dialog yang telah didengarkan.
D.
Materi
Pembelajaran
Contoh dialog :
Ing sawijining sore, Danang,
Adi, Aning lan Syndi lagi omong-omongan ana ing ngarep omah nyambi karo garap
tugas.
Danang
: “Sin, sesok kancani aku latiyan
nari ing Sanggar Luwes ya !”
Adi
: “ Kok kaya bcah wadon wae kowe Nang, melu
nari barang!”
Danang
: “Kowe ya padha wae karo kanca-kanca liyane. Pancen yen bocah lanang pinter
nari kuwi ora bener? Lha wong kabeh kuwi kesenengane beda-beda Di, ora kudu
padha. Lha wong aku ya melu seneng ndelok tetanduranmu sing lemu-lemu iku. Lha
ko kowe ora ndhukung kesenenganku ta Di, malah ngeceni aku.”
Aning
:
“Wis..wis.. kaya kancanan lagi wae, tukaran terus. Mbok ya sing akur !”
Syndi
:
“Ya Di pancen bener omongane Danang. Wong uwi nduwe hobi dhewe-dhewe, ora kudu
padha. Aku senenge ngumpulna prangko, Aning senenge gawe bonek saka turahan
kain. Sanajan beda-beda kan ya luwih apik kita padha rukun.”
Aning
:”Iya, aku angger dolan ing omahmu seneng ana
tetanduran lemu-lemu, ijo ryo-royo lan kembange werna-werna. Aku malah agi ngerti yen kabeh iku kowe sing
ngrumati. Kowe seneng tandur apa ora wedi yen tanganmu reged kena lemah?”
Adi
: “Mmmm....iya Ning aku seneng nandur
gara-gara eyangku. Wiwit eyangku manggon ing omahku, aku dijak nandur. Kayata
njupuke banyu, lemah, ngresiki pot, nyampur rabuk lan liya-liyane. Eyangku
ngajak lomba, yen tanduranku luwih apik, eyang maringi aku hadiyah. Lha iku
sing marai aku ora tau dolan, merga aku kepengen menang supaya oleh hadiyah
saka eyang. “
Danang
: “ Wah..wah hebat tenan Di. Aja Ge-Er
! eyangmu sing hebat maksudku. Hahahah!”
Adi
: “Lha kowe kok seneng nari kuwi tiru-tiru
sapa Nang?”
Danang
: “Aku emoh crita, mengko kowe ngece maneh.”
Adi
: “ Ngapurane Nang. Kaya kuwi wae nesu.”
Danang
: ‘Kepengen ngerti tenan? Kaya ngene critane, biyen jaman cilik aku ora bisa
pisah karo mbakyuku. Nalika mbakyuku melu latiyan nari ing sanggar tari aku ya
ora tau keri. Suwe-suwe aku seneng nari nganti saiki. Aku ya tau melu lomba.
Nganti saiki aku wes oleh piala telu. “
Aning
karo Syndi : (keprok..keprok..) hebat..hebat..!!!”
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan :
scientific
Metode :
diskusi, tanya jawab, penugasan
F.
Media,
Alat dan Sumber Pembelajaran
1. Media
: Teks pacelathon
2. Sumber
Belajar : Kamus unggah-ungguh basa
karma.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
RINCIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
·
Siswa
berdoa sebelum belajar
·
Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
·
Apersepsi menunjukan contoh dialog
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
o Peserta didik membaca dialog
o Peserta didik membuat kelompok yang beranggotakan empat siswa
o Peserta didik berdiskusi mencari kata-kata
yang tidak dimengerti
o Peserta didik dalam kelompok menjawab
pertanyaan berdasarkan dialog
o Peserta didik menulis kembali isi dialog
yang telah didengarnya
o Peserta didik mengumpulkan lembar jawab dan
hasil dialog yang telah dibuatnya kepada guru
|
60 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
·
Guru
bersama peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
·
Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran yang telah dicapai.
·
Peserta
didik menyampaikan rasa puas atau tidaknya mengikuti kegiatan pembelajaran
PENILAIAN
1.Sikap Spiritual
a.
Teknik
Penilaian : observasi
b.
Bentuk
Instrumen : lembar observasi
c.
Kisi-kisi :
Instrumen
Penilaian Sikap Spiritual
Nama : _______________
Kelas : _______________
Keterangan:
1 = tidak pernah 3 = sering
2
=
kadang-kadang 4 = selalu
2. Penilaian Sikap Sosial
d.
Teknik
Penilaian : Pengamatan
e.
Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
f.
Kisi-kisi :
A.
Penilaian sikap sosial untuk diskusi
B.
Penilaian sikap sosial dalam kegiatan menanggapi hasil karya
teman dan
berkarya
Objek : Pacelathon
C.
Lembar Pengamatan Sikap Sosial untuk Kegiatan Menanggapi
Karya dan Berkarya
Nama : ______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda silang (X)
sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi
oleh guru)
Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya”
diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal
berjumlah 4
butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 4.
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
3. Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes praktik
b.
Bentuk
Instrumen : Tes uji petik kerja
dan produk
c.
Kisi-kisi :
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Nama : ______________________________
Kelas : ______________________________
Soal:
Wangsulana pitakon iki sawise ngrungoake crita ing
dhuwur!
1. Danang
lan kancaa-kancane crita bab apa ?
Wangsulan.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Apa
wae kesenengane / hobine Danang lan kanca-kancane ?
Wangsulan.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Kepiye
critane Adi kok dadi seneng tetandur ?
Wangsulan.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Kepiye
critane Danang kok dadi seneng nari ?
Wangsulan.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Yen
bocah wadon pinter nari wis lumrah. Kepriye panemumu bab bocah lanang sing
duwe hobi nari ?
Wangsulan.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Penghitungan nilai akhir : Nilai akhir : skor yang diperoleh
---------------------------- X 100
Skor
maksimal
4.Keterampilan
a. Teknik Penilaian : Tes
praktik
b. Bentuk Instrumen : Tes
uji petik kerja dan produk
c. Kisi-kisi
:
Instrumen Penilaian Keterampilan
Nama : ______________________________
Kelas : ______________________________
Soal:
1.
Sawise
pacelathon mau digawe, banjur wacanen pacelathon mau ana ngarep kelas karo
kanca kelompokmu!
Keterangan:
4 = Sangat Baik 2 = Cukup
3 = Baik 1 = Kurang
Penghitungan nilai akhir : Nilai akhir : skor yang diperoleh
---------------------------- X 100
Skor
maksimal
|
10 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar